Efektifkan Jaringan Alumni Untuk Cari Kerja

Sabtu, 13 Juni 2015 - 09:17 WIB
Efektifkan Jaringan...
Efektifkan Jaringan Alumni Untuk Cari Kerja
A A A
Komunitas alumni sebetulnya bisa menjadi jaringan pencarian kerja paling berharga yang Anda miliki. Dengan syarat, jika Anda menggunakannya secara efektif. Dulu, strategi jaringan alumni tidak selalu dianggap penting.

Ketika ada kekurangan kandidat pelamar kerja sebelum 2007, sebagian besar perusahaan secara tertulis atau tidak tertulis memberikan kebijakan untuk wawancara kerja kepada siapa pun yang datang melalui seorang karyawan perusahaan dari organisasi apa pun.

Saat itu, banyak perusahaan tak mempertimbangkan arti jaringan apa pun, termasuk jaringan alumni karena tidak dianggap terlalu penting. Seperti diketahui, dunia usaha atau bisnis sejak 1940-an sampai 2007 menghadapi pertumbuhan yang lambat, kecuali mereka bisa menemukan calon pekerja yang cukup berkualitas.

Dunia usaha yang bisa menemukan kandidat akan tumbuh, sementara mereka yang terlalu pemilih akan stagnan. Bagaimana dengan kondisi saat ini? Jelas sudah sangat banyak berbeda. Ketika melamar kerja dan berdoa saja tidak cukup, jaringan alumni menjadi cara yang jauh lebih efektif dan fokus, dengan target spesifik, tujuan dan tindakan yang cakap.

Jika dimanfaatkan dengan benar, kontak jaringan alumni dapat memberikan terobosan luar biasa hingga mampu membawa Anda ke perusahaan yang Anda inginkan. Nah, berikut ini lima hal yang dapat dilakukan ketika berhubungan dengan jaringan alumni menurut laman The Ladders .

CARI ALUMNI YANG TEPAT

Gunakan jaringan alumni untuk memperoleh informasi atau akses manajer perusahaan yang Anda tuju untuk memberikan jangkauan terluas. Namun, banyak orang yang hanya menggunakan jaringan alumni mereka untuk langsung mengontak manajer bagian SDM. Padahal, ini bukan solusi terbaik karena keputusan akhir tetap ada di tangan manajer umum perusahaan. Dengan “mengontak” alumni, Anda bisa mendapatkan orang yang bisa mengarahkan Anda ke orang yang lebih tepat.

CARI INFORMASI

Cari alumni yang dapat menyediakan informasi perusahaan atau departemen atau manajer umum. Memang ini bisa saja ditemukan di dalam situs perusahaan. Namun, banyak hal yang tidak bisa Anda temukan hanya melalui situs, yakni informasi yang begitu luas.

BANGUN JEMBATAN

Para alumni yang tepat biasanya merupakan orang-orang yang tidak mudah untuk dihubungi karena mereka termasuk orang yang sibuk. Solusinya, cari alumni di luar perusahaan yang Anda targetkan yang mengetahui banyak informasi dan bisa membawa Anda kepada orang lain yang juga masih satu perusahaan yang dapat memberikan informasi lebih dalam.

CARI ALUMNI YANG BISA MENJADI JAMINAN UNTUK ANDA

Jaminan menjadi salah satu cara yang paling berharga yang dapat membantu Anda mencari kerja. Ketika Anda mencoba untuk menemukan kontak dengan perusahaan yang Anda inginkan, jelas bukan hal yang mudah. Ini akan sangat sulit untuk membangun kepercayaan karena Anda orang asing. Namun, dengan keberadaan alumni di dalamnya, Anda bisa tertolong.

BERKENALAN DENGAN MANAJER PERUSAHAAN

Sementara sebagian besar pencari kerja membuat pilihan ini menjadi pilihan terakhir melalui bantuan para alumni. Namun, sebetulnya ini harus dilakukan di awal. Mengapa? Karena Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk memberikan kesan yang baik dan tentu saja Anda akan terus diingat oleh manajer perusahaan. Namun, Anda harus melakukan persiapan yang begitu matang sehingga kesempatan itu akan menjadi kesempatan emas Anda.

Susi susanti
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)